LIRIK LAGU, MAI FALI E & LERANG WUTUN

Hari yang baik untuk berbagi kebahagiaan lewat lirik lagu-lagu daerah dari Nusa Tenggara Timur, di artikel kali ini saya akan berbagi lirik dari lagu Mai Fali E dan Lagu Lerang Wutun.

Eitss…sebelum teman-teman lanjut membaca, jangan lupa juga untuk membaca dan menyanyikan lagu dari daerah Nusa Tenggara Timur yang lainnya yang sudah ada liriknya di blog ini juga.

Jadi, blog saya ini bukan hanya berisi postingan tidak jelas dari apa yang saya sukai yang saya tuangkan dalam bentuk tulisan, tapi saya juga ingin berbagi keunikan dari daerah tercinta saya yakni Nusa Tenggara Timur.

Lagu pertama yang akan saya bagikan yakni lagu Mai Fali E dari Pulau Rote. Mai Fali e atau yang berarti Mari Pulang ee ini merupakan lagu yang diciptakan oleh Bapak A. M. Ndoloe. Bermakna Ibu atau Mama sedang memanggil pulang anak-anaknya atau kalau saya secara pribadi berpendapat bahwa lagu ini juga bisa bermakna kita semua untuk mengingat kampung halaman.

Berikut penggalan liriknya:

Mai fali e,
Mai fali e,
Mama hala ita fali e,,
Mai fali e,
Mai fali e,
Mama hala ita fali e…

Le doa tenaso,
Mulaka modiso,
Mama hala ita fali e,
Mai fali e, fali leo e,
Mama hala ita fali e,
Mai fali e, fali leo e
Mama hala ita fali e…

Oke, selanjutnya kita lagu Lerang Wutun, yang adalah salah satu lagu daerah dari Nusa Tenggara Timur meski kurang banyak dikenal oleh anak zaman sekarang. Namun, lagu ini merupakan lagu yang enak untuk dinyanyikan bersama-sama.

Lagu Lerang Wutun ini menceritakan tentang keindahan kampung halaman mereka yang dmai, tentram, permai dan sejahtera, sehingga membuat mereka yang berada di perantauan semakin rindu untuk pulang kampung lagi

Berikut lirik lagunya:

O, o, dein tite tobo metin wutun ojo golo,
Lerang Wutun, wutun wai peron
aduh,
sayang, sayang,
aduh,
sayang, sayang,
Mo tobo papan lau we moi timu tawa
tasi…

O, o, ema bapa tite kakan arin kaja ribu,
lodo metin wutun Lerang Wutun,
Aduh sayang, sayang,
Aduh sayang, sayang,
mo dein papan lau we moi wura bura bali…

Jadi, bagiamana? Sedikit menambah wawasan teman-teman atau tidak? Kalau belum ya, silakan berkomentar dan tinggalkan kesan di kolom komentar ya, atau mungkin teman-teman mau request lagu daerah mana yang ingin sekali teman-teman tau liriknya.

Bryan Nakupenda

 

Post a Comment

0 Comments