PENDUKUNG DAN DUKUNGAN

Bagi sebagian orang sepele?

Bagi sebagian orang mudah?

Namun tidak bagi mereka yang bakatnya biasa saja, tidak bagi mereka yang berusaha saja tidak pernah cukup, tidak bagi mereka yang keberuntungan tidak pernah berpihak padanya. Sekuat apapun berusaha jika tidak ada yang namanya garis kesuksesan tentu saja tidak ada hasilnya, semua akan buyar dalam sekejap.

Ada yang butuh dukungan untuk menggapai kesuksesan, ada yang bisa meraih kesuksesan itu tanpa adanya dukungan, semua orang berbeda-beda. Dukungan pun ada yang berbentuk perhatian, ada yang berbentuk doa, atau bisa juga dalam bentuk barang.

Semua orang tentu perlu dukungan untuk menggapai sesuatu, tidak selamanya harus melulu tentang dukungan namun ada orang yang sudah terlanjur hidup dalam berharap pada dukungan dan akhirnya dengan mudah terjatuh ketika hilangnya dukungan.

Kita tahu benar bahwa tidak ada orang yang tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain, oleh karena itu dukungan dari orang lain adalah sebuah bentuk kehidupan yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Kita menjadi orang yang bernilai pun karena adanya dukungan yang kuat dari sekitar kita.

Jadi, yang mana yang benar? Dukungan orang lain menjadikan kita kuat? Atau tanpa dukungan kita bisa tetap kuat menghadapi segala tantangan?

Sebagai orang yang lahir dengan bakat yang biasa-biasa saja, saya berpikir bahwa kita tetap membutuhkan dukungan dari siapapun yang kita sayangi, bisa saja orang itu adalah orang tua, pacar, atau teman. Semua orang bisa menjadi support system kita.

Namun, kita juga harus belajar untuk tidak bokleh tergantung pada support system itu, karena mau sampai kapanpun support system kita tidak bisa menemani kita seratus persen. Bisa saja, ditengah perjalanan kita si support system ini pergi atau bisa saja kita yang malah menjadikan support system kita menjauh dari kita.

Ingin menjadi seseorang yang hebat dalam hal apapun tentunya bukan karena adanya support system juga, namun keyakinan dalam diri kita juga, saya selalu percaya meski bakat atau kemampuan kita biasa-biasa saja namun kita bisa menggapai kesuksesan dengan terus memacu diri kita hingga melewati batas diri kita.

Kita bisa percaya pada orang yang member dukungan namun jangan mudah terjatuh dalam hal percaya pada mereka, karena yang menjadikan kita sukses atau tidak adalah tingkat focus kita untuk menggapai sukses itu.

Sepertinya sudah terlalu panjang, saatnya menutup topic kali ini dan kembali ke dunia nyata degnan semangat baru dan motivasi yang lebih tinggi.

-          Bryan Nakupenda


Post a Comment

0 Comments