KESUKSESAN=BAHAGIA

Perasaan bahagia ketika sukses menghampiri itu sebuah perasaan yang terasa sangat luar biasa. Minimal sekali saja ada momen indah dalam hidup kita yang tidak bisa kita lupakan begitu saja. Menjadikan hidup kita sangat berarti.



Entah bagaimana cara mengungkapkannya namun saat ini bahagia terus membuncah dalam hati saya, sejak berhasil meraih juara 1 atau sejak berhasil mendapatkan medali emas dalam kejuaraan PON. Sungguh sulit untuk diungkapkan, sulit juga untuk diutarakan karena memang saya termasuk orang yang bisa dibilang yang namanya keberuntungan itu jauh sekali.

Butuh sembilan tahun lamanya untuk saya bisa kembali ke podium tertinggi itu, banyak yang tidak tahu betapa saya sangat mengharapkan berada di podium tertinggi itu, singkatnya saya sampai pernah hampir menyerah karena banyaknya gagal.

Orang-orang hanya melihat betapa hasilnya menggembirakan namun tidak tahu kalau sulitnya meraih kemenangan. Tapi siapa juga yang peduli asal bisa meraih kesuksesan itu sudah lebih dari cukup. 

Saya belajar bahwa menjadi yang terbaik tidak harus melulu yang terdepan, terkuat, tercepat namun yang terbaik itu adalah dia yang selalu mengedepankan sportifitas dalam hidup baik dalam bekerja keras sebagai atlet ataupun dalam berkarya.

Saya ingat betul bahwa kita menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang tertentu yang melihat bagaimana kita berproses. Mereka yang notabene adalah sama seperti saya yakni tidak memilik cukup bakat atau tidak memiliki cukup keberuntungan dalam hidup.

Eh, tapi untuk diketahui saja bahwa saya bukan berbicara tentang mereka yang menjadi juara karena terlaku banyak keberuntungan berpihak pada mereka, saya hanya sedikit menekankan bahwa saya adalah orang yang keberuntungannya amat sangat jarang  bertemu dengan bakat dan kerja keras dalam satu momen.

Maksud saya, gini, pemenang itu lahir karena kerja keras, bakat dan keberuntungan itu berada satu momen yang tepat. Jadi, banyak yang berpikir bahwa itu karena bakat, atau itu karena keberuntungan seperti awal saya katakan tadi, atau itu karena kerja keras.

Oh, tentu saja, itu pemikiran yang sangat salah. Kemenangan atau kesuksesan itu terlahir karena ketiga faktor tersebut berhasil bersatu padu dalam sebuah momen yang kemudian akan kita kenang seumur hidup kita sebagai salah satu momen terindah dalam hidup.

Saya juga belajar bahwa keinginan kuat yang ada dalam diri kita juga bisa menjadi faktor penentu kita bahagia. Bagaimana tidak? Prestasi yang kita gapai menjadikan kita manusia-manusia yang tangguh, mengajarkan kita untuk tetap tabah pada menghadapi cobaan hingga cobaan itu juga memberi pelajaran penting dalam hidup kita.

Untuk dikenang? Tentu. Untuk dibicarakan? Bisa jadi. Semua itu demi kepuasan diri kita, maka dari itu keinginan bisa jadi hadir dalam hidup kita karena kita ingin diri kita dihargai akan eksistensi yang coba kita wujud nyatakan.

Hmm... Sepertinya sudah terlalu panjang untuk dibahas, jadi bagaimana? Sudahkah anda berbahagia hari ini?

Kalau belum, mulailah tersenyum dan pasang target dan berbahagialah dengan segala proses hingga bahagia itu menjadi nyata dan bukan hanya impian belaka.
Salam olahraga, NTT emas!

- Bryan Nakupenda

Post a Comment

0 Comments